Senin, 07 Oktober 2019

Syarat Tumbuh Bibit Kelapa Pandan Wangi

CARA MENANAM BIBIT KELAPA PANDAN WANGI AGAR TUMBUH DENGAN BAIK

Bibit kelapa pandan wangi merupakan tanaman unggul dengan kualitas cepat berbuah. Pohon kelapa Pandan wangi pada umumnya dapat berbuah pada umur 4 tahunan dengan kondisi pohon batang keras sekitar 1 meter tingginya. Kelapa pandan wangi i
Pohon kelapa pandan wangi pendek berbuah

Bibit kelapa pandan wangi merupakan tanaman unggul dengan kualitas cepat berbuah. Pohon kelapa Pandan wangi pada umumnya dapat berbuah pada umur 4 tahunan dengan kondisi pohon batang keras sekitar 1 meter tingginya. Kelapa pandan wangi ini cukup sulit ditemukan, maka wajar jika harga bibit ini di pasaran cukup tinggi sekitar 200.000 per batang.

Kelapa pandan wangi memiliki keunggulan pada buahnya yang cukup banyak, dalam satu tandan bisa keluar buah hingga 15 butir. Namun, ukuran buah kelapa pandan wangi genjah tidak begitu besar. Bisa diperkirakan secara acak, bahwa isinya kurang lebih terdapat kandungan 300 mili liter air pada setiap butiran buahnya.

        BACA : BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI

Kelapa pandan wangi ini biasanay tumbuh pada kondisi alam yang normal. Kelapa ini tidak begitu kuat dengan kondisi cuaca yang panas ekstrim atau terlalu dingin. Kelapa genjah bersifat pendek dan lebih rentang terkena penyakit seperti jamur, kumbang kelapa atau hama lainnya.

Syarat Tumbuh Bibit Kelapa Pandan Wangi


Sebelum menanam bibit kelapa pandan wangi , perlu kiranya untuk diperhatikan bersama. Diantara hal penting sebelum kira menanam kelapa pandan wangi adalah:

1. Perhatikan kondisi lahan yang akan digunakan untuk menanam bibit kelapa pandan wangi. Bila kondisi lahan berdekatan dengan kandang ternak atau lahan peternakan, maka ini menjadi sebab munculnya kumbang yang akan memakan ujung pohon kelapa yang masih muda. Akibatnya, pohon kelapa pandan wangi akan mati.

2. Hama kumbang jika sudah menyerang akan sulit sekali di atasi. Hama ini akan mengerat bagian terdalam dari pohon kelapa pandan wangi yang masih muda, hingga mengenai calon tunas daun yang akan tumbuh. Tunas yang dimakan hama ini akan mengering dan akhirnya layu.

3. Kondisi lahan yang kurang air atau dataran tinggi berbatu sangatlah tidak cocok untuk di tanami bibit kelapa pandan wangi ini. kelapa genjah membutuhkan asupan air yang cukup banyak atau kondisi tanah yang lembab. Ini sebabnya di negara Thailand orang-orang menanam kelapa pandan wangi di antara parit-parit yang penuh dengan air mengalir sepanjang tahun.

4. Kelapa wulung genjah membutuhkan pupuk atau obat untuk membantu suplay nutrisi dari dalam tanah. Kelapa pandan wangi ini kurang mampu untuk menyerap sebagaimana yang dilakukan oleh kelapa jenis Dalam.

5. Perawatan terhadap lahan, suhu iklim dan pupuk harus rutin dilakukan. Selain itu pengecekan dan pemberian pupuk tersebut maksimal 3 bulan sekali. Hal ini membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup tinggi untuk keberhasilan tanaman kelapa pandan wangi.

         BACA : MEMBUAT BIBIT KELAPA PANDAN WANGI

Demikiain kiranya sedikit wawasan dari pengalaman kami dalam memperhatikan kondisi lapangan pohon kelapa pandan wangi. Bila ada masukan atau diskusi lebih lanjut, silahkan tuliskan di kolom komentar, Kami akan menanggapi balik untuk masukannya. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar