Minggu, 06 Januari 2019

pembibitan bibit kelapa Pandan Wangi

Menyiapkan pembibitan bibit kelapa Pandan Wangi


kelapa pandan wangi tampaknya dapat tumbuh dengan mudah di negara ini. namun alangkah baiknya, dengan adanya persiapan yang matang, diharapkan akan menumbuhkan tanaman bibit kealpa pandan wangi dengan baik. berikut cara-cara agar pembibitan berhasil.

Tidak praktis bagi sebagian besar penanam kelapa untuk menyemai benih kelapa mereka sendiri, karena melakukan ini akan membutuhkan banyak waktu, tenaga, ruang, dan keahlian teknis. Dengan demikian, akan lebih baik bagi petani kelapa untuk mendapatkan "biji" kelapa dari produsen benih bersertifikat.

Biasanya, biji-bijian dijual sebagai bibit unggul, yang dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:

Ini akan memiliki titik tumbuh sekitar 30cm tinggi (hingga daun muncul), dan sangat sedikit akar yang muncul di pangkalan. Dengan produsen benih bersertifikat, pemusnahan dan pemilihan benih yang dapat dijual akan dilakukan, sehingga petani dapat membeli bahan-bahan tersebut dengan percaya diri. Biji akan dijual sebagai bareroots, dan petani harus membeli dan menyiapkan bibit kelapa setidaknya 1 tahun sebelum penanaman di lapangan.

Biji yang dibeli terlebih dahulu harus ditransplantasikan ke dalam polibag dan dibiarkan tumbuh dengan ukuran tanam ladang yang ideal. Rangkaian langkah-langkah transplantasi berikut menunjukkan bagaimana ini harus dilakukan:

Persiapan pembibitan Kelapa Pandan wangi


Bibit kelapa berumur 6 bulan sampai 15 bulan yang ditunjuk untuk penanaman di lapangan harus disiapkan setidaknya 2-3 minggu sebelumnya. Alasan untuk langkah ini adalah untuk meminimalkan guncangan transplantasi yang dialami oleh pembibitan setelah dipindahkan ke lapangan. Idealnya, bibit harus sama tingginya; apa pun yang jelas-jelas di bawah ukuran harus disisihkan demi saudara kandung yang lebih kuat.

Untuk menyiapkan bibit untuk penanaman di lapangan, pemangkasan daun basal harus dilakukan, diikuti oleh pemangkasan akar dari setengah area dasar (setengah lingkaran, berhati-hati jangan memotong polibag) setidaknya 2-3 minggu sebelum penanaman di lapangan . Penyiraman harus diintensifkan pada hari ketika pemangkasan akar dilakukan.

Dua atau tiga hari sebelum penanaman di lapangan, pelepah bibit dipangkas dalam bentuk intan, dan diikat. Keseimbangan 50% akar dipangkas satu hari sebelum mengirim bibit ke ladang untuk ditanam, dan harus disirami secara menyeluruh.

Saat memindahkan bibit kelapa pandan wangi, penting untuk memastikan bahwa mereka ditangani dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan kantong pembibitan. Cara yang benar adalah memegang bibit sambil menopang pangkal tas. Dengan demikian, harus ada tenaga kerja yang cukup untuk operasi memindahkan bibit dari pembibitan ke lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar